oleh

26 Wisatawan Tewas Tenggelam di Pantai Sawarna

CHANELBANTEN.com – Ombak pantai selatan khususnya di Pantai Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, terkenal cukup ganas. Tercatat, selama kurun waktu empat tahun sudah sebanyak 26 wisatawan yang tewas tenggelam di pantai ujung Banten ini.
“Catatan kami, selama 2012 hingga sekarang sudah sekira 26 wisatawan yang tenggelam di pantai Sawarna,” kata Koordinator Balawisata Desa Sawarna yang juga Sekretaris Desa Sawarna Lili Suheli kepada bayahnews.com, Selasa (26/7/2016).‎
Ia mengklaim, jumlah kecelakaan laut di pantai yang terkenal dengan Tanjung Layarnya ini dari tahun ke tahun terus mengalami penurunan. Lili mengaku, kecelakaan laut yang kerap terjadi belakangan ini akibat minimnya sarana dan prasarana penyelamat dan tidak adanya life guard.
“Alhamdulillah, setelah di bentuknya live guard dua tahun lalu laka laut bisa diminimalisir,” paparnya.
Ia melanjutkan, sebagai bentuk tanggung jawab pengelola, pihak pengelola memberikan jaminan asuransi kecelakaan. Selain itu, pihaknya juga terus membenahi dan melakukan penataan pantai agar wisatawan merasa aman dan nyaman.
“Kita juga berterima kasih kepada Pemkab Lebak yang kini membangun sejumlah sarana dan prasarana di kawasan pantai Sawarna,” tandasnya.
Terpisah, Rendi seorang wisatawan asal Jakarta mengaku cukup puas berwisata ke Pantai Sawarna. Kata dia, selain memiliki keindahan panorama alam yang eksotis, jalan menuju Sawarna sudah membaik.
“Kalau dua tahun lalu jalan ke pantai Sawarna bikin stres rusak dimana mana, tetapi sekarang sudah membaik. Namun, masih ada yang harus di cepat dibangun yakni jembatan menuju pantai,” katanya. (yudha)‎

Berita Lainya