oleh

Aneh, Meski Kekurangan Air Buah Mentimun di Jiput Masih Bisa Dipanen

Petani Mentimun di Jiput Butuh Bantuan Pemerintah

CHANELBANTEN.COM | Meski dengan kondisi serba kekurangan para petani mentimun di Desa Sukamanah, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang masih bisa memanen buah mentimun dengan baik.
 
Ketua Kelmpok Tani Wanita (KWT) Budi Asih, Ion mengatakan, masih serba kekurangan peralatan untuk mengembangkan hasil taninya  seperti buah mentimun yang saat ini sedang ditekuninya. Dia pun mengaku, dari dulu hingga saat ini kelompoknya belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah setempat. 
 
“Untuk membangun saung gubug saja, kami harus iuran terlebih dulu untuk membangunnya. Yang kami tanam tidak hanya mentimun saja namun, tanaman lain pun kami tanam diantaranya seperti padi, kacang panjang, cabe, dan padi,”kata Ion kepada wartawan, Rabu (30/1/2019).
 
Sementara itu, Camat Jiput, Yetti Nurhayati menyebut, kebun timun ini milik KWT Budi asih, walaupun sumberdaya airnya masih minim tapi hasilnya lumayan bagus tapi masih perlu ada pengembangan dan pembinaan lagi pada Gapoktan di sini.
 
“Saat ini mentimun  sedang di panen. Sampai saat ini kondisinya lumayan  bagus dan terawat,”kata Camat saat berkunjung ke kebun mentimun KWT Budi Asih. 
 
Pada kesempatan itu, Kepala Desa (Kades) Sukamanah, Sunarya membenarkan jika di wilayahnya minim sumber daya air untuk memenuhi kebutuhan para petani.
 
“Kami masih mengadakan semacam experimen lantaran tidak semua tanaman cocok dengan tanah di sini, banyak yang sudah kami coba seperti padi, kacang panjang , dan sekarang mentimun hasilnya lumayan di panen tiap hari bisa memperoleh 7-10 kuintal. Insyaallah kedepannya di samping Budi daya kami akan mengadakan pembibitan tentunya ini harus memiliki tenaga ahli. Kami sudah berkoordinasi dengan ibu camat insyaallah sudah di sediakan,”ungkapnya.(Ade Mahroji/APK)

Berita Lainya