oleh

Bertempat di Alun-alun Malingping, Pelaksanaan Upacara HUT ke 74 RI Berjalan Lancar

CHANELBANTEN.com | Pelaksanaan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia, di Kecamatan Malingping Kabupaten Lebak, yang dilaksanakan di Alun-alun Malingping, Sabtu (17/08/2019) berlangsung lancar.

Pantauan wartawan, upacara diikuti oleh ribuan peserta dari berbagai lembaga pemerintahan, TNI dan Polri, lembaga  pendidikan, pelajar dari SD hingga SLTA dan mahasiswa, kalangan tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, serta organisasi relawan PMI dan Pramuka.

Bertindak selaku inspektur upacara, Abdul Hamid yang merupakan Pelaksana Harian (Plh). Camat Kecamatan Malingping.

Bupati Lebak dalam sambutan yang dibacakan Plh Camat Malingping Abdul Hamid, mengajak seluruh masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kualitas dan kemampuannya, sesuai dengan bidang masing-masing. Hal ini sesuai dengan tema peringatan hari ulang tahun ke-74 Republik Indonesia tahun 2019, yaitu SDM unggul Indonesia maju.

“Kita dituntut untuk terus berusaha meningkatakan kemampuan dan kualitas diri, membangun bangsa dan negara sesuai dengan profesi pada diri masing-masing sebagai warga negara. Sehingga, dengan sumberdaya manusia yang unggul, maka negara Indonesia akan semakin maju dan dikenal bangsa-bangsa di dunia. Dengan kualitas SDM yang mumpuni dan mampu bersaing,” katan Abdul Hamid, membacakan sambutan Bupati Lebak.

Selain itu, HUT ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia harus dimaknai sebagai momen pemersatu bangsa, semua warga negara Indonesia memilki kewajiban untuk mempertahankan dan mengisi kemerdekaan. Oleh karenanya, momen sejarah tersebut harus dimaknai sebagai kualitas dan kemampuan diri, untuk mengisi kemerdekaan dengan semangat juang yang tinggi, demi kemajuan bangsa dan negara.

“Bangsa Indonesia harus bisa keluar dari kebiasaan hanya menengok kebelakang, tetapi hendaknya lebih berorientasi kedepan sehingga bisa membangun generasi baru yang mampu menapaki segala rintangan dan tantangan. Tentu rintangan tersebut berbeda pada saat masa revolusi dan sekarang , namun satu hal yang tidak boleh berubah, ialah jiwa dan semangat sebagai pejuang, karena pembangunan bangsa memerlukan sikap kepahlawanan dan kegigihan pejuang serta keteladanan pemimpin,” ujar Abdul Hamid.

Terpisah ketua panitia hari besar nasional (PHBN) kecamatan Malingping tahun 2019, Yusup, kepada sejumlah wartawan mengatakan perayaan hari kemerdekaan ke-74 republik indonesia di Kecamatan Malingping selaian fokus dalam penyelenggaraan upacara bendera dengan terlebih dahulu melakukan serangkaian latihan pasukan pengibar bendera selama satu bulan, berbagai perlombaan baik itu olahraga, seni budaya dan agama pihak panitia juga menggelar istigotsah bertempat di Mesjid Agung Baiturrahim Malingping yang diikuti lapisan masyarakat Malingping.

“Alhamdulillah agenda  puncak memperingati kemerdekaan RI ini berjalan sukses dari tahapan dan proses yang dilalui selama dua bulan persiapan sekalipun masih ada agenda yang belum selesai namun itu semua tidak mengurangi semangat dan tanggubgjawab hingga acara ini dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya. (Red)

Berita Lainya