oleh

Binatang Yang Satu Ini Mampu Hidup Ratusan Tahun

 

BN.com – Di dunia fabel, mungkin kelinci menang dalam lomba lari melawan kura-kura. Namun Kura-kura akan menang jika pertandingannya adalah seberapa lama dalam bertahan hidup. Gaya hidup kura-kura raksasa yang pelan tapi pasti, mengantar binatang bertempurung tersebut hidup di atas seratus tahun.

Bahkan, dilansir dari Mental Floss, kura-kura raksasa tertua adalah Jonathan yang kini berusia 184 tahun dan sekarang tinggal di St. Helena Island, sebuah pulau dalam kepulauan Tristan de Cunha di Samudera Atlantik yang terpencil. Jonathan pun jadi binatang yang tertua di dunia saat ini.

Secara tidak resmi, banyak yang mengklaim memiliki kura-kura yang lebih tua. Seperti di India yang mengklaim memiliki kura-kura yang berumur 255 tahun ketika ia meninggal di tahun 2006 silam.

Hal ini menjadi perhatian besar bagi para ilmuwan, yang ingin juga mencari rahasia dari panjangnya umur kura-kura raksasa. Prediksi awal dari para ilmuwan, tentu dari gaya hidup serba pelan yang diusung para kura-kura ini. Namun hal tersebut memang sulit disanggah. Kura-kura raksasa yang memiliki metabolisme sangat lambat, tentu membakar energi dalam jumlah yang lebih rendah ketimbang binatang lain yang lebih kecil dan lebih cepat.

Di tahun 1908, fisiologis bernama Max Rubner memperkenalkan teori ‘rasio hidup,’ yang merupakan perbandingan terbalik antara metabolisme dan angka harapan hidup. Jadi jika metabolisme cepat, angka harapan hidup akan turun. Namun hal ini……

Berita Lainya