oleh

Dalam Waktu Tiga Jam, Lima Kali Lebak Selatan Digoncang Gempa Bumi

CHANELBANTEN.com – Gempa bumi kembali dirasakan di wilayah Lebak Selatan, Sabtu (7/7/2018). Gempa kali ini terjadi secara berturut-turut sebanyak lima kali dalam waktu tiga jam. Sedangkan titik lokasi gempanya terjadi di darat Tenggara Kabupaten Lebak.

Sebagaimana pantauan pada aplikasi Badan Meorologi Klimatologi dan Geofosika (BMKG), Gempa bumi yang pertama berkekuatan 4,4 Magnitudo terjadi pukul 10.56 Wib. Goncangan gempa ini dirasakan hingga ke Plabuhan Ratu, Cikatomas, Bayah dan Cisolok.

Kemudian, selang satu jam yaitu pukl 11.01 WIB, gempa bumi susulan kembali terjadi di lokasi yang sama dengan kekuatan 4,1 Magnitudo di kedalaman 5 kilo meter. Goncangan gempa kedua ini masih sama dirasakan di daerah Pelabuhan Ratu, Cikatomas, Bayah dan Cisolok.

Selanjutnya, beberapa menit kemudian yaitu pukul 11.24 WIB, gempa bumi dengan kekuatan 2,5 Manitudo kembali terjadi di lokasi titik pusat yang sama tapi di kedalaman 14 kilo meter, dan goncangan gempa ini hanya dirasakan di wilayah Kecamatan Cibeber.

Baca Juga:

Sedangkan gempa yang terjadi ke-empat kalinya di lokasi yang sama kekuatannya meningkat, yaitu 4,5 Manitudo di kedalaman 6 kilo meter, pukul 12.18 WIB. Kali ini, goncangan gempa dirasakan dari mulai Cikatomas, Bayah, Panggarangan, Panimbang, Malingping, Pelabuhan Ratu, Citeko, Ciracap dan Sukabumi.

Selang lima menit kemudian, kekuatan gempa bumi juga terus meningkat yaitu 4,6 Mahnitudo di lokasi yang sama dengan kedalaman 6 kilo meter. Goncangan gempa bumi yang kelima kalinya ini dirasakan di Cikatomas, Panggarangan, Panimbang, Malingping, Cisarua dan Pelabuhan Ratu.

Hingga saat ini, redaksi Chanelbanten.com belum mendapat informasi lebih lanjut mengenai dampak dari gempa yang terjadi sebanyak lima kali ini. (Red)

Berita Lainya