oleh

Dampak Kemarau Air Sumur Jadi Asin, Warga Patia Kesulitan Air Bersih

CHANELBANTEN.com l Kekeringan akibat kemarau mengakibatkan wilayah pesisir pantai di Desa/Kecamatan Patia, Kabupaten Pandeglang mengalami krisis air. Bahkan, sumur milik warga yang awalnya rasa tawar kini berubah menjadi asin.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang, Abdul Latif membenarkan, saat ini sebagian daerah di Kecamatan Patia mengalami krisis air bersih, salah satunya kawasan pesisir Desa Patia. Saat ini tim BPBD sudah mendistibusikan bantuan air bersih kepada warga di wilayah setempat.

“Tim sudah kelapangan bantuan air bersih kepada warga yang membutuhkan,” kata Abdul Latif, Kamis (4/7/2019).

Ia mengatakan, pendistribusian air bersih sudah dilakukan yang ke delapan kalinnya. Berkat bantuan itu, kini warga di Desa Patia sudah sedikit terbantu dan tidak merasa kesulitan mendapatkan air bersih.

“Kita akan terus distiribusikan air bersih jika warga masih membutuhkan,” katanya.

MERASA TERBANTU
Sementara, salah seorang warga, Karsiah mengaku sangat terbantu dengan adannya bantuan air bersih dari pemerintah. Sudah dua pekan, warga kesulitan air bersih karena air sumur warga berubah menjadi asin.

“Sebelum ada bantuan, untuk minum warga terpaksa beli air galon. Sedangkan, untuk mandi dan cuci terpaksa menggunakan air sumur walaupun asin,” ucapnya.

Warga juga mengaku, akibat kekeringan musim kemarau banyak tanaman padi yang gagal panen. Padi yang berusia satu bulan mati, akibat tidak.adannya pasokan air ke sawah.

“Pesawahan kami merupakan sawah tadah hujan,” ucapnya. (Gus)

Berita Lainya