oleh

Destinasi Wisata Danau Talanca Kembali Menggeliat

CHANELBANTEN.com – Lama terlantar dari jelajah para pelancong, kini destinasi wisata Danau Talanca, Desa Cilangkahan, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, kembali menggeliat.

Hal itu ditandai dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung belakangan ini ke lokasi wisata yang pernah booming di tahun 90-an tersebut. Terlebih lagi, saat ini berbagai penataan terus dilakukan oleh para pegiat wisata setempat. Dari mulai perbaikan akses jalan menuju lokasi wisata, sarana tempat duduk, deretan warung dan lannya yang menunjang layaknya suatu destinasi wisata.

Danau Talanca dahulu, merupakan salah satu penunjang wisata Pantai Talanca, yang kala itu memiliki hotel yang terbilang elit pada masanya. Hotelnya cukup unik, dengan bangunan empat lantai menjulang tinggi dihiasi batangan kayu kelapa disetiap dinding bangunan, dan dipucuk hotel terdapat sebuah ruangan besar yang menghadap ke muka laut dengan jaraknya sekira 50 meteran.

Seorang warga tengah menikmati pemandangan di Danau Talanca

Hamparan pasir pantai membentang putih seakan tanpa batas ujung pandang mata. Sepanjang pinggir pantainya dirimbuni pohon pandan dan pepohonan pantai nan rindang, membuat para pelancong terkagum-kagum melihatnya. Diujung timur pantai ini terdapat peraduan air tawar dan laut dengan bukit kecil yang memisahkan dua jenis air berbeda rasa ini.

Baca Juga:

Disokong berbagai fasilitas lainnya, seperti deretan cottage yang mengelilingi sekitaran hotel, galeri karya seni patung tanah liat, hamparan taman bunga dan sokongan alam dengan keindahan danau seluas sekitar 7 hektaran yang dilengkapi speedboat untuk menikmatinya.

Sejak dibuka menjadi kawasan wisata, pelancong dari luar negeri tak pernah sepi mengunjungi pantai ini, berjejer terlentang diantara hamparan pasir menikmati hangatnya mentari disetiap akhir pekan. Bahkan, di era 90-an musisi legendaris Iwan Fals pernah menginjakan kakinya di kawasan Danau Talanca.

Semoga kenangan wisata Talanca yang dahulu sempat mendunia bisa kembali lagi. (Almalik)

Berita Lainya