oleh

Dinkes Lebak Sebut Anggaran JKN 2019 Belum Ideal

CHANELBANTEN.com l Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebak, Triatno Supiono mengatakan, anggaran Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) tahun 2019 masih belum ideal. Sebab, anggaran sebesar Rp 57,9 Miliar yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) dinilai terlalu kecil.

“Sebenarnya, kalau melihat porsi anggaran sebesar itu untuk JKN belum ideal,” kata pria yang akrab disapa Pion ketika ditemui diruang kerjannya, Kamis (29/8/2019).

Peruntukan anggaran JKN disesuaikan dengan Peraturan bupati (Perbup). Sedangkan mekanisme pembagiannya, yaitu 70 – 30 persen. 70 persen untuk jasa pelayanan 30 persen untuk operasional. “JKN itu kan di bagi-bagi peruntukannya sesuai dengan Perbup,” katanya.

Untuk 30 persen operasional alokasinya beragam, salah satunya untuk buat ATK atau untuk materai
sesuai dengan kebutuhan masing-masing Puskesmas. Sedangkan, untuk gedung Puskesmas tahun 2019 ini tidak memiliki anggaran.

“Untuk pertama bahan obat-obatan, jasa kantor, alat kedoktetan umum, kebutuhan gigi, alat sehat untuk kandungan. Tapi ini juga tidak semua Puskesmas, karena disesuaikan kebutuhan,” katanya.

DISESUAIKAN KEBUTUHAN PUSKESMAS
Ada juga untuk kebutuhan yang disesuaikan, misalnya untuk biaya pembayaran jaringan internet, pembelian Werlles di beberapa Puskesmas. Kemudian ada untuk pengadaan alat-alat sekesehatan dengan skala kecil.

“Contohnya Stetoskop, Tensi Meter, dan beberapa alat kesehatan lainnya. Termasuk juga untuk pengadaan CCTV di beberapa Puskesmas, alat pemadam api ringan dan untuk plang ruangan, termasuk untuk raning Tex,” paparnya. (Aji R)

Komentar

Berita Lainya