oleh

Dinkes Pandeglang Periksa Kondisi Kesehatan Calhaj

CHANEL BANTEN.com l Pihak Dinas kesehatan (Dinkes) Pandeglang memeriksa kondisi kesehataan para jemaah calon haji atau calhaj asal Pandeglang, Senin (25/3/2019). Proses itu, merupakan salah syarat yang harus dipenuhi calhaj sebelum berangkat ke tanah suci Mekah.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Pandeglang, Kodiat Juarsa mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk memastikan kondisi jemaah calhaj dalam kondisi sehat.
Selain dilakukan pemeriksaan secara umum, calhaj juga diberikan vaksin Meningitis dan Influenza

“Vaksin itu sangat dianjurkan kepada semua calhaj agar mendapatkan kesehatan tubuh yang prima dalam beribadah haji nanti,” ucapnya.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan dan pemberian vaksin bisa dilakukan di Pusat kesehatan masyarakat atau Puskesmas. Pada musim haji ini, Dinkes melayani pemeriksaan kesehatan terhadap 840 orang calhaj se-Pandelang.

“Proses pemeriksaannya terbagi di enam titik. Salah satunya, di Jiput yang berada di titik ke tiga dengan melayani 130 calhaj,” katanya.

Selain vaksinasi, kata dia, ada juga pemeriksaan lanjutan jika ada di temukan yang sakit dan perlu dokter spesialis maka akan di rujuk dan diberikan penanganan.

“Intinya, kami ingin memastikan semua Calhaj dalam kondisi sehat,” ucapnya.

Berikan Pelayanan Maksimal
Hampir senada disampaikan, Kepala bagian Tata Usaha Puskesmas Jiput, Mila Rahayu. Ia mengaku berupaya memberikan pelayanan kesehatan secara maksimal kepada calhaj.

“Pelayanan kita lakukan maksimal, kita juga menambah petugas pembantu pelayanan medis,” ujarnya. (Irfan/Ade)

Berita Lainya