oleh

Eksotis Pantai Karnaw, Wisata Bahari Di Lebak Selatan

CHANELBANTEN.com – Pantai Karang Nawing yang akrab dikalangan muda-mudi disebut Pantai Karnaw, teretak di Kampung Nambo, Desa Pagelaran, Kecamatan Malingping, Kabupaten Lebak, Banten. Meskipun wisata bahari ini namanya diawali dengan kata karang, namun pantainya tidak ada bebatuan karang.

Justru menariknya, di Pantai Karnaw ini menyajikan pemandangan berbeda dari pantai lainnya yang ada di wilayah Kabupaten bagian selatan. Diamana terdapat sebuah danau dan peraduan air tawar yang mengalir dari Sungai Cilangkahan ke lautan lepas, Konon bebatuan karangnya itu ada dibawah sungai yang mengalir itu. Di pantai ini para pengunjung bisa menikmati panorama alam yang masih alami dimana terdapat padang rumput dan hamparan pasir nan landai yang cocok untuk bermain-main.

Para pegiat wisata pantai Karnaw.

Spot pemandangan dari kawasan pantai ini cukup membuat yang memandangnya berdecak kagum. Terlebih, terdapat bebukitan yang menghiasi kawasan pantai. Hal yang paling ditunggu di pantai ini ketika memasuki penghujung hari. Matahari memancarkan merah saga saat tenggelam diufuk barat dan nampak diantara bebukitan.

Baca juga 

Di kawasan pantai ini pengunjung dapat menyaksikan secara langsung nelayan-nelayan pesisir berjuang menangkap ikan dengan jaring jala yang dibentangkan ke lautan lepas dan dipandu dengan seutas tali tambang dari bibir pantai. Diantara peraduan air tawar dan laut juga biasanya ada nelayan yang menangkap ikan dengan ‘Kecrik’ atau jenis jaring yang dilengkapi rantai yang digunakan dengan cara dilempar, melengkapi nuansa pantai.

Jika lagi kebetulan, diantara bebukitan itu biasanya ada gerombolan-gerombolan kera dengan ekor panjang yang nampak, meskipun penampakannya jarang terjadi. Bahkan hingga saat ini keberadaan kera-kera tersebut masih misterius dan entah dari mana asalanya.

Saat ini, muda-mudi desa setempat tengah gencar melakukan berbagai penataan. Dari mulai menghiasinya dengan penunjuk arah dan spot-spot selfie ditambah pula ayunan dibawah pepohonan yang mengarah ke pantai, hingga tulisan-tulisan menarik ala anak muda untuk berselfie ria.

Untuk sampai ke lokasi pantai ini relatif mudah dijangkau. Dari pusat kota Kecamatan Malingping saja hanya sekira 15 menit, kearah Kecamatan Bayah. Namun, boleh jadi suatu peluang bagi para pengusaha, sebab di kawasan pantai ini sama sekali belum ada tempat penginapan dan warung. Biasanya, para pengunjung yang main ke pantai Karnaw ini membawa bekal makanan untuk dinikamati sambil ‘cuci mata’.

Meskipun pantai ini menyimpan keindahan yang menkajubkan, untuk sementara ini para pengunjung dapat menikmatinya dengan cuma-cuma alias gratis. Sepertinya cocok buat anda yang enggan merogoh kocek untuk sekedar melepas penat dari aktivitas sehari-hari. (Almalik)

Berita Lainya