oleh

Gempa Guncang Sukabumi, Getarannya Sampai ke Banten

CHANELBANTEN.com – Gempa bumi dua kali mengguncang daerah Sukabumi, Jawa Barat. BMKG mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tsunami.

Informasi yang dihimpun dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) gempa pertama terjadi pada Jumat, (15/12) sekitar pukul 23.04 WIB dengan kekuatan 4,5 SR yang berlokasi di 7,29 Lintang Selatan (LS), 106,69 Bujur Timur (BT) 48 km Barat Daya Kota Sukabumi dengan kedalaman pusat gempa 50 km.

Kemudian disusul gempa berdurasi sekitar satu menit terjadi pada pukul 23.47 WIB dengan kekuatan 6,7 SR yang berlokasi di 8,08 LS, 108,038 BT dengan kedalam pusat gempa 68 km.

Bahkan informasi yang diterima gempa ini juga berbarengan dengan beberapa wilayah di Jabar lainnya seperti di Garut serta Jawa Tengah dan DIY dengan kekuatan 7,3 SR.

Baca juga

Hingga saat ini belum ada laporan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota dan Kabupaten Sukabumi kerusakan akibat gempa yang berpotensi terjadinya gelombang tsunami ini.

Bergetar Hingga ke Banten

Getaran gempa tak hanya terasa hingga ke wilayah Jakarta, getaranya terasa juga di wilayah Banten terutama di wilayah pesisir pantai selatan Banten. 

Berdasarkan laporan masyarakat di pesisir pantai Bayah, guncangan gempa yang kedua  terasa cukup kuat. “Gempa yang pertama getaranya kecil, ketika getaran yang kedua sangat kuat berlangsung sekira 2 menit,” kata seorang warga kecamatan Bayah, Asep Setiawan.

Meski demikian, warga di wilayah pesisir selatan ujung Jawa ini memilih tidak mengungsi dan tetap bertahan ditempat tinggalnya hingga ada pemberitahuan dari pihak terkait apakah gempa bumi berpotensi tsunami.

Sementara di wilayah Rangkasbitung Ibukota Kabupaten Lebak, getaran gempa juga terasa namun getaranya sangat kecil.

“Iya, terasa sekali saja ada getaran kecil paling-paling sekira 30 detik,” kata Doni warga kecamatan Rangkasbitung. (APK) 

Berita Lainya