oleh

Hutan Lindung di Banjarsari Rawan Illegal Logging

CHANELBANTEN.com – Hutan lindung yang berada di Blok Cilajim, Desa Kerta, kecamatan Banjarsari, Kabupaten Lebak rawan pencurian atau penebangan pohon (illegal logging).

Salah satu buktinya, diamankanya satu unit kendaraan truk yang mengangkut puluhan kubik kayu gelondongan yang diduga hasil penebangan pohon illegal di hutan lindung oleh pihak Kepolisian Sektor (Polsek) Banjarsari pekan lalu. 

Menurut aktivis Aliansi Masyarakat Peduli Lingkungan (Ampel) Asep Hasanuddin, maraknya pencurian di hutan lindung akibat lemahnya pengawasan dari aparat berwenang. Sehingga, pohon yang ada dihutan penyangga itu begitu mudah dicuri oleh oknum tidak bertanggung jawab.

“Illegal logging yang terjadi di kawasan hutan lindung Cisajim, karena lemahnya pengawasan dari aparat berwenang,” kata Asep kepada chanelbanten.com, kemarin.

Baca Juga : Satreskrim Polsek Cibadak Ringkus Tiga Spesialis Begal Motor

Sementara, saat dikonfirmasi sopir yang mengangkut kayu gelondongan yang diduga hasil curian dari hutan lindung Apip mengaku tidak mengetahui perihal status kayu tersebut adalah kayu pencurian.  

“Saya tidak tau terkait kayu tersebut hasil pencurian karena sebelumnya saya ditelepon oleh orang yang berinisial M dan disuruh untuk mengangkut kayu tersebut,” ungkapnya.

Setelah itu, lanjut Apip, ia datang ke lokasi di kampung kerta di suruh untuk mengangkut kayu tersebut dan di lokasi tempat mengakut kayu tersebut ada tiga orang yang di duga pemilik kayu yang berinisial M. S dan M. 

Apip membeber, ketika kayu tersebut di angkut dari lokasi hutan lindung Cilajim, menggunakan mobil truk bernopol A 8761 PC milik Haji Ijen tiba-tiba di tengah perjalanan di sergap oleh seseorang yang diduga anggota polisi.

“Saya beserta barang bukti kendaraan yang sedang mengangkut kayu langsung di amankan di polsek Banjarsari,” akunya.

Saat ditemui Kapolsek Banjarsari AKP M. Rediyazid membenarkan jika pihaknya telah mengamankan kendaraan yang mengangkut kayu diduga hasil curian di hutan lindung Blok Cilajim.

“Itu berkasnya sedang di urus dan para pelakunya saat ini sedang dalam pengejaran,” ucapnya. (Tanu/Duy).

BERITA PILIHAN

Mapolsek Bayah Diserbu Warga, Mobil Patroli dan Sim Keliling Dibakar

Berita Lainya