oleh

Ini Cara STPI Mengurangi Angka Pengangguran di Cilegon

CHANELBANTEN.COM | Acara Pelaksanaan Diklat Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia ( STPI ) 2019 diadakan di halaman kantor Camat Grogol kota Cilegon , pada tgl 24 Januari 2019 yang dihadiri oleh Ketua Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia Capt Noviyanto Widadi, S,AP , MM. Camat Grogol kota Cilegon H. Hudari, SAg , jajaran Kodim 0623 Kota Cilegon serta Lurah.

Acara pembukaan pelaksana diklat pemberdayaan masyarakat sekolah tinggi penerbangan Indonesia STPI 2019 di buka langsung oleh ketua sekolah tinggi penerbangan Indonesia Capt Noviyanto Widadi S,Ap, MM dan dilanjutkan sambutan dari Camat Grogol kota Cilegon H. Hudari SAg.

Selesai acara, Ketua  STPI dan Camat Grogol Kota Cilegon menggelar Konferensi Pers.

Capt Noviyanto Widadi S,Ap, MM, menyebut STPI merupakan salah satu sekolah dibawah naungan Kementerian Perhubungan.

“Kami memiliki kewajiban Diklat Pemberdayaan Masyarakat, dimana tahun ini tiga pemberdayaan masyarakat diberikan kepada STPI sebanyak 2400 orang selama tahun 2019,”katanya.

Ia mengatakan, Diklat Pemberdayaan Masyarakat ini  melibatkan masyarakat sekitar STPI Daerah Banten,. 150 orang di Kecamatan Grogol,Kota Cilegon, dan 350 orang di Kecamatan Lebak.

“Mudah-mudahan Diklat Pemberdayaan Masyarakat yang diselenggarakan STPI Curug Tangerang bermanfaat. Adapun yang kita lakukan adalah Comunity Development, Revitalisasi SMK dan program keselamatan penerbangan dibidang Sefty Management System dan Human Factor. Adapun yang diselenggarakan di kecamatan Grogol kota Cilegon yaitu Pemuti Development,”terang Noviyanto.

Pemuti Development adalah masyarakat yang belum memiliki pekerjaan dan tidak memiliki akses pekerja, sehingga mereka kita latih selama sembilan hari , Hari pertama materi Bela negara , yang delapan hari mereka diberikan materi keterampilan yaitu las listrik, service AC dan instalasi listrik baik rumah tangga maupun industri.

Dan yang terakhir kita berikan juga pengantar untuk entrepreneur , sehingga nantinya mereka setelah diberikan wawasan kebangsaan, kemudian mereka mampu kerja secara mandiri baik perorangan maupun berkelompok.

Baca Juga: 

Pada hari kesembilan Yaitu hari penutupan disekolah tinggi penerbangan Indonesia STPI Curug Tangerang mudah-mudahan Bapak Menteri Perhubungan bisa menutup acara ini dan akan diserahkan bekal bagi mereka yaitu peralatan untuk las listrik, service AC maupun instalasi listrik, sehingga mereka langsung bekerja , itulah tujuan mufritas untuk membantu masyarakat provinsi Banten khususnya kecamatan Grogol Kota Cilegon untuk menekan angka pengangguran.

Camat Grogol kota Cilegon H. Hudari SAg juga menyampaikan sangat berterima kasih dan ini juga menjadi suatu penghargaan buat kita masyarakat Cilegon dari STPI, mudah-mudahan juga tentu ilmu yang diberikan bermanfaat untuk pemuda-pemuda kita serta untuk masa depan mereka.

Rata-rata yang mengikuti Diklat Pemberdayaan Masyarakat selesai dari sekolah menengah atas atau sederajat dan pada umumnya mereka belum mendapatkan pekerjaan tetap, sehingga dengan diberikan Diklat seperti ini mereka bisa mendapatkan pekerjaan di industri atau membuka usaha sendiri ucap camat Grogol.(Herman Yakub)

Komentar

Baca Juga