oleh

Ini Penyebab Angin Kencang di Wilayah Banten dan Provinsi Lainnya

CHANELBANTEN.com – Belakangan angin kencang kerap terjadi di wilayah Banten. Berikut ini penjelasan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), melalui press release, Kamis (25/01/2018).

Dijelaskan bahwa, kecepatan angin yang cukup tinggi beberapa hari terakhir di wilayah Indonesia bagian selatan dipicu oleh besarnya selisih tekanan udara antara daratan asia dan Australia.

Hal ini tidak lepas dari pengaruh posisi gerak semu tahunan matahari yang saat ini berada di selatan ekuator menjadi lebih panas dan tekanannya relative lebih rendah dibandingkan bumi bagian utara ekuator.

Saat ini, tekanan udara pada level permukaan laut atau mean  sea level pressure di daratan tinggi Siberian sekitar 1030-1034 hPa. Sedangkan tekanan udara di Australia mencapai 998 hPa.

Baca Juga:

Mengingat sifat dari udara yang bergerak dari tekanan yang lebih rendah, sehingga selisih sekitar 36 hPa ini cukup signifikan untuk memicu pergerakan massa udara dari asia menuju wilayah Indonesia yang cukup kuat.

Kondisi ini diperkuat dengan posisi tekanan terendah di wilayah Australia berada di selatan NTT atau di selatan wilayah Indonesia bagian timur tanpa disertai kemunculan daerah siklonik di selatan Banten atau Jawa Barat.

Sehingga, pergerakan angina menjadi semakin kuat dari Laut CIna Selatan menuju wilayah sekitar Bangka Belitung dan kemudian dibelokkan kea rah barat akibat pengaruh rotasi bumi. (red)

Berita Lainya