oleh

Ini Syarat Hewan Kurban Yang Boleh Diperjual Belikan Saat Idul Adha

CHANELBANTEN.com-Dinas Peternakan Kabupaten Lebak memeriksa sejumlah lokasi penjualan hewan kurban untuk keperluan kurban bagi umat Islam pada hari raya Idul Adha nanti. Pemeriksaan hewan kurban tersebut dilakukan untuk memastikan hewan yang diperjual belikan sehat dan bebas dari berbagai penyakit sehingga layak untuk di konsumsi.

“Semua hewan yang dijual di tiap lapak kita periksa. Pemeriksaan diprioritaskan pada hewan yang didatangkan dari luar daerah, mulaidari dokumen dan kondisi fisiknya. Langkah ini bertujuan agar semua hewan kurban bebas dari penyakit dan hewan yang dikonsumsi layak,” kata Kepala Dinas Peternakan setempat, Iman Santoso saat meninjau kesehatan hewan kurban di Ponpes Manahijussadat, Cibadak, Senin (21/8/2017).

Saat ini, kata dia, pemeriksaan baru dilakukan di 21 lapak yang berada di zona 1 Kabupaten Lebak, yaitu Kecamatan Warunggunung, Rangkasbitung, Cibadak dan sekitarnya. Pihaknya bersyukur, selama pemeriksaan dibeberapa lapak, tidak menemukan adanya hewan kurban yang sakit atau tidak layak.
“Mayoritas ternak yang diperiksa sudah memenuhi syarat untuk dijadikan hewan kurban pada saat Idul Adha. Kita periksa postur tubuh, kesehatannya dan kelayakan untuk diqurbankan,” kata

Syarat hewan ternak yang boleh diperjual belikan untuk Idul Adha ini, lanjut dia, harus jantan, sehat, tidak kurus, testis terdapat 2. untuk sapi minimal 2 tahun sedangkan kambing 1 tahun. Pihaknya menghimbau masyarakat yang ingin berqurban sebaiknya cerdas dalam memilih dan menentukan hewan qurban agar dalam pelaksanaannya bisa maksimal.

“Bagi hewan kurban yang sudah diperiksa tim Dinas Peternakan memberikan kalung berwarna biru yang menyatakan hewan qurban tersebut sudah sehat dan telah diperiksa tim dinas,” ucapnya.

Sejauh ini menurut dia, tim juga sudah disebar di masing-masing Kecamatan untuk terus memantau dan memeriksa kesehatan hewan qurban di wilayahnya masing-masing. Jika ditemukan yang sakit atau cacat akan direhabilitasi dan diobati.

”Jika tidak memungkinkan ya kita minta untuk tidak dijual,”katanya. (red)

Berita Lainya