oleh

Izin Trayek Habis, 18 Bus AKAP Dilarang Beroperasi

CHANELBANTEN.com l Sebanyak 18 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang beroperasi di terminal tipe A Mandala Rangkasbitung dilarang beroperasi, karena belum memperpanjang izin trayek. Selain itu, sejumlah Bus juga saat ini diketahui dalam kondisi sudah tidak layak jalan.

Koordinator Satuan Layanan Terminal Tipe A Lebak, Lina Herlina mengatakan, dari jumlah 46  unit Bus AKAP, berdasarkan hasil pendataan terdapat 18 Bus AKAP yang beroperasi pada terminal Mandala belum memperpanjang izin trayek, dan dinyatakan habis masa izinya. Sedangkan 28 unit Bus lainnya saat ini masih dalam proses perpanjangan izin. 

“Jumlah angkutan yang belum perpanjangan izin AKAP ada 18. Sedangkan 28 Bus lainnya masih dalam proses,” kata Lina Herlina, Senin (23/9/2019).

Ia menjelaskan, ke 18 Bus tersebut, antara lain Bus milik armada transportasi Rudi. Armada Bus Rudi sendiri memiliki 46 unit yang beroperasi di terminal Tipe A Mandala dan 18 unit diantaranya telah habis masa izinnya, dan 28 unit lagi sedang dalam proses perpanjangan izin.

“Ke 18 Bus itu sekarang tidak diperbolehkan untuk beroperasi sampai pihak perusahaan memperpanjang izin,” katanya.

Menurutnya, untuk memperpanjang izinnya sendiri pihak perusahaan hanya perlu mengeluarkan kocek sebesar Rp 250.000 per unit. Namun, pihak perusahaan terkesan lalai memperpanjang izin trayeknya. Meski demikian, pihaknya sudah berupaya berkomunikasi dengan pihak perusahaan agar segera memperpanjang izin AKAP.

“Kami tegaskan, setiap armada yang tidak memiliki izin trayek atau sudah habis masa izinya, maka tidak boleh beroperasi,” ujarnya.

Selain masa izin trayek habis, kata dia, sejumlah armada juga ada yang kondisinya sudah tidak layak jalan. Sehingga, pihaknya memberikan teguran kepada pemilik Bus tersebut.

“Kami juga tidak memberikan izin beroperasi kepada seluruh armada Bus yang kondisinya sudah tidak layak jalan,” katanya.

Menurutnya, kondisi Bus yang tak layak jalan tentu sangat membahayakan bagi keselamatan penumpang. Karenanya, kondisi Bus layak menjadi salah satu syarat penting bagi Bus untuk bisa beroperasi.

“Sangat penting, karena Bus membawa penumpang, sehingga keselamatanya perlu di jamin,” ucapnya. (Aji R)

Berita Lainya