oleh

Kantor Desa Cisungsang Diterjang Longsor

CHANELBANTEN.COM | Kantor Desa Cisungsang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak diterjang longsor pada Kamis ( 2/10/2019) dini hari sekira jam 03: 15. WIB.

Longsor kembali terjadi menerjang kantor desa tersebut pada hari yang sama Kamis (10/10/2019) dini hari sekitar jam 02:20. WIB. Beruntung pada saat kejadian tidak ada korban jiwa.

Akibatnya, perangkat alat desa seperti muebeler, komputer dan dokumen -dokumen penting desa jadi rusak.

” Longsor itu tidak hanya mengakibatkan kerusakan peralatan kantor desa saja. Namun, mengakibatkan juga arus lalu lintas di wilayah desa jadi terganggu lantaran material longsor menutupi badan jalan. Sebab, titik longsornya hanya berjarak 5 meter dari jalan,” kata Edi Sunardi, Kepala Desa (Kades) Cisungsang, kepada Wartawan dilokasi kejadian, Kamis (10/10/2019).

Sementara, sambung Kades, jalan kami tutup untuk kendaraan roda empat.

” Hujannya sih tidak lebat, cuma karena kemarau panjang menyebabkan tanah pecah-pecah sehingga ketika ada limpasan air hujan, air langsung meresap ke dalam tanah. Karena tanah tidak kuat sehingga longsorpun terjadi” Tutur Edi.

Ia mengaku, sudah melaporkan kejadian itu ke camat cibeber dan ke kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak. Namun, kata Ia, sampai saat ini belum ada bantuan apapun dari Pemkab setempat.

” Untuk membersihkan material longsoran yang menghalangi jalan tersebut tadi saya nelpon ke managemen PT. IMM yang ada dekat desa kami untuk pinjam loader, tapi sayang loadernya rusak, jadi tidak bisa digunakan untuk membersihkan material tanah” kata Edi dengan mimik kecewa.

Edi berharap Pemda bisa turun tangan untuk menurunkan alat berat guna membersihkan material tanah longsor.

Sementara, untuk Kantor Desa yang rusak, Edi akhirnya melakukan inisiatif melakukan perbaikan dinding belakang yang rusak sepanjang 12 meter, agar pelayanan Pemerintahan Desa tidak terganggu lama. Anggarannya pun dia tanggulangi terlebih dahulu dari uang pribadi.

” Mau tidak mah kami harus lakukan perbaikan kantor desa meski di APBDes 2019 tidak teralokasikan. Mudah-mudahan ini bisa tercover di APBDes 2020,” keluhnya.

Sementara, Kepala BPBD Lebak, Kaprawi ketika di hubungi melalui sambungan telepon membenarkan bahwa ada laporan tanah longsor yang menyebabkan Kantor Desa Cisungsang rusak. Namun pihaknya tidak bisa melakukan upaya apapun.

“Kami belom bisa menurunkan bantuan pembersihan material longsor atau perbaikan Kantor Desa, kami hanya bisa melaporkan kejadian ini ke Ibu Bupati. Mudah-mudahan kedepan ada bantuan” kata Kaprawi.

Pantauan wartawan di lokasi, tanah longsor masih menumpuk menutupi jalan, belum dilakukan penanganan dan pengerjaan perbaikan kantor desa masih terus dilakukan. (Din/APK)

Berita Lainya