oleh

Kasian! Dituduh Dukun Santet, Tiga Rumah Keluarga Ini Dihancurkan Warga

CHANELBANTEN.com – Hanya gara-gara dituduh dukun santet, Rohanah alias Anah (90) beserta seluruh anggota keluargannya harus rela meninggalkan rumah di kampung halamannya Kampung Rancagarut, Desa Sangiangtanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak, Banten. Tak hanya itu, rumah yang ditinggalkannya itu kini porak-poranda dihancurkan sejumlah warga tak bertangungjawab, Senin (12/9/2016) dini hari lalu.

Informasi yang dihimpun, peristiwa pengrusakan tiga rumah itu, terjadi sekitar pukul 02.30 WIB. Penyebab pengursakan rumah itu dipcu oleh kekesalan warga atas keluarga pemilik ke tiga rumah yang dianggap sebagai dukun santet tersebut kerap mendatangi rumah tersebut. Selain itu, penyebab pengrusakan rumah itu juga dipicu oleh prilaku keluarga ke tiga pemilik rumah yang dianggap kerap membawa perempuan tak jelas masuk ke rumahnya tersebut. Saat pengrusakan terjadi, ke tiga rumah itu dalam kondisi kosong, karena sebelumnya pada 24 April 2016 lalu pemilik rumah memilih meninggalkan kampung tersebut dengan alasan menjaga keselamatan atas kemarahan warga tersebut.

“Alasan kenapa rumah itu dirusak, mungkin karena warga dilingkungan itu sudah benar-benar tak terima dengan keberadaan keluarga itu di lingkungan kampung tersebut. Klimaksnya, seluruh rumah yang berhubungan dengan keluarga tersebut dirobohkan,” kata salah seorang warga setempat, Onih kepada sejumlah wartawan, Rabu (14/9/2016).

Menurut dia, penyebab lain dirusaknnya tiga rumah milik keluarga itu, karena warga kesal salah satu dari keluarga itu kerap membawa perempuan tidak jelas masuk ke dalam rumah. Terlebih, selama ini warga memang tak menerima keluarga itu berada dilingkungan kampong, karena warga menganggap keluarga itu merupakan dukun santet. “Intinya mungkin warga tidak senang dengan keluarga itu,” ucapnya.

Situasi Kondusif

Kapolsek Kota Rangkasbitung, Nono Hartono membenarkan adanya peristiwa pengrusakan tiga rumah di Kampung Racnagarut. Menurutnya, pasca kejadian tensi warga dilingkungan tersebut saat ini berangsur sudah kondusif, pihaknya juga secara persuasive memberikan pengarahan kepada warga untuk tidak bertindak anarkis yang dpaat merugikan orang lain.

“Situasi dilapangan saat ini sudah mulai kondusif, kita juga mengumpulak warga dan tokoh masyarakat untuk diberikan pengarahan,” katanya.

Ditanya apakah ada upaya tindakan hukum yang mengarah pada tersangka yang melakukan pengrusakan ke tiga rumah tersebut. Ia mengatakan, sejauh ini upaya tindakan yang dilakukannya masih belum mengarahkan pada tindakan hukum atau pada penetapan tersangka atas tindakan pengrusakan tersebut, melainkan masih focus pada pembinaan pada masyarakat agar kedepan tidak bertindak anarkis seperti itu lagi dikemudian hari.

“Belum, belum mengarah pada tersangka, kita masih focus pada pembinaan atau pengarahan hukum kepada warga disana (Rancagarut),” ujarnya. (Izam)

Berita Lainya