oleh

Kegiatan TMMD Didanai Rp 2,8 M Dari APBD Lebak

CHANELBANTEN.com – Kabupaten Lebak mempunyai potensi ekonomi perdesaan sangat besar berupa hasil alam, kerajinan tangan, serta potensi wisata, baik itu wisata alam, maupun wisata budaya, diantaranya situs yang berada dikampung Cibedung Desa Citorek Barat. Hal tersebut disampaikan Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, saat pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa  (TMMD) yang ke 97 di Desa Sindanglaya Kecamatan Sobang, Kabupaten Lebak, Selasa (20/09/2016).

“Potensi ini harus dikembangankan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya warga yang tinggal didaerah pedesaan,” ujar Iti.

Tetapi menurutnya, potensi ini belum dapat dikembangkan secara maksimal karena terkendala akses transportasi yang belum dapat menjangkau sampai kepolosok desa, untuk itu pemerintah daerah bersama dengan TNI akan membangun jalan untuk membuka keterisoliran daerah ini melalui program TMMD yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2016.

“Jalur yang menghubungkan Desa Citorek Barat dan Desa Sindang Laya, merupakan jalan setapak, sehingga kampung didaerah tersebut yakni Kampung Cibedug dan Kampung Cinakem terisolir dari daerah sekitarnya, jangankan kendaraan roda 4, kendaraan roda 2 pun sangat sulit menjangkau daerah tersebut,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Dandim 0603 Kabupaten Lebak, Letkol CZI Ubaidillah mengatakan, pada program TMMD ini pihaknya melibatkan sekitar 150 orang personil TNI.

“Kita tidak membuat tempat tersendiri, seluruh personil akan disebar dan tinggal di rumah masyarakat sehingga setelah kegiatan ini selain dampak secara fisik dan non fisik untuk masyarakat tetapi secara personal akan terjalin,” ujarnya.

Menurut Ubaidillah, pihaknya menargetkan pelaksanaan program TMMD ini akan dikerjakan selama 30 hari. “Pengerjaan kita laksanakan selama 30 hari,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Bagian Humas dan Komunikasi Setda Lebak, Eka Prasetaiwan menjelaskan bahwa pembangunan dan pengembangan badan jalan Citorek Barat Kecamatan Cibeber menuju Desa Sindanglaya Kecamatan Sobang Sepanjang 9,3 KM dengan Lebar jalan 8 M, ditambah dengan pembangunan 3 Unit jembatan Armco, akan didanai APBD Lebak  Tahun Anggaran 2016  Sebesar 2,8 Miliar yang dilaksanakan secara swakelola bekerjasama dengan Kodim 0603 Kabupaten Lebak sebagai bagian dari program TMMD.

“Langkah pertama yang kita laksanakan adalah membuat infrastruktur jalan dan jembatan, dengan demikian akses transportasi akan lebih terbuka sehingga hasil produksi dasa akan mudah untuk dipasarkan, dan diharapkan menarik minat kunjungan wisatawan” Ujar Eka. (esa/almalik)

Berita Lainya