oleh

Keren, Radio Multatuli FM Kini Bertranspormasi Jadi Tujuan Wisata

CHANEL BANTEN.com l Upaya Pemkab Lebak dalam mewujudkan daerah berbasis unggulan pariwisata tak hanya menggali dari potensi kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) saja. Namun juga potensi lainnya yang memiliki daya pikat terhadap wisatawan.

Salah satunya adalah dengan memanfaatkan Radio Multatuli FM. Pihak Pemkab Lebak melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat, berupaya mentranspormasikan fungsi studio gedung siaran radio itu menjadi bagian dari destinasi wisata Lebak.

Gedung Radio Multatuli yang terletak di Jalan Kaum Alun-alun Rangkasbitung itu disulap menjadi ruangan yang instagramable. Sehingga, saat ini menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung.

Kepala Diskominfo Lebak, Dodi Irawan mengatakan, pemerintah daerah saat ini sedang gencar-gencarnya mewujudkan pariwisata sebagai sektor andalan Lebak. Sejumlah program untuk mewujudkannya sedang disiapkan, dan tentunya itu harus melibatkan peran seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

“Tentunya kita berupaya sesuai dengan bidangnya. Seperti kominfo, kita coba memanfaatkan fasilitas yang ada agar bisa mendapatkan perhatian wisatawan. Ya salah satunya kita rubah ruang siaran Multatuli FM ini,” kata Dodi, Selasa, (26/3/2019).

Saat ini ruang penyiaran Radio Multatuli 89.00 FM sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan, mulai dari kaum milenial atau kaula muda hingga para ibu-ibu yang ingin eksis.

“Alhamdulillah selain disibukan dengan menyiarkan informasi publik, kita juga melayani banyak kunjungan masyarakat,” ujarnya.

Tak hanya sekedar berfoto ria, kata Dodi, wisatawan juga bisa mendapatkan informasi terkini tentang Kabupaten Lebak. Karena Radio Multatuli 89.00 FM sebagai satu alat dalam menyampaikan berbagai informasi publik berkewajiban agar masyarakat luas mengetahui perkembangan dan kinerja pemerintah daerah.

“Para Wisatawan akan kita berikan pemahaman, tata cara dan kondisi ketika para penyiar radio multatuli FM melakukan tugasnya,” terang Dodi.

Meski demikian, dengan pesatnya perkembangan industri Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) tidak lantas mengesampingkan media meanstream lainnya.

“Kita percaya kalau di Lebak, Radio bukan hanya sarana hiburan, tapi juga sebagai media informasi yang mengedukasi dalam menyampaikan ide dan gagasan,” katanya. (RED)

Berita Lainya