oleh

Komisi Akreditasi Fasilitas Kementrian Kesehatan Datangi Puskesmas Jiput

CHANELBANTEN.COM | Kepala beserta pegawai Pusekesmas Jiput yang berlokasi di Jl. Raya Mandalawangi-Labuan, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten menyambut baik kedatangan Tim Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI, hari ini Sabtu (17/11/2018).

Kepala Puskesmas setempat, Nining Yuningsih mengatakan, kedatangan tim akreditasi tersebut dalam rangka untuk melakukan penilian fasilitas Puskesmas. Puskesmas ini, sambung Dia, mengikuti Akriditasi pemula dengan tujuan untuk mengetahui Level dari puskesmas ini tersendiri.

“Akriditasi ini berlangsung selama tiga hari. Dengan adanya penilaian ini kami bisa meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat khusus ya di bidang kesehatan di wilayah kerja puskesmas jiput dan saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di puskesmas jiput walaupun disini belum ada pasilitas rawat inap, yang ada yaitu pelayanan IGD , pelayanan imunisasi, pelayanan persalinan, dan pelayanan rawat jalan,”ungkapnya kepada chanelbanten di lokasi kegiatan, Sabtu (17/11/2018).

Sementara, Mila Rahayu, Kasubag Puskesmas Jiput menambahkan, kalau untuk hasil penilaian belum ada karena acara akreditasi belum selesai atau sedang berlangsung. 

“Tentunya harapan kami dengan adanya akriditasi ini pelayanannya bisa lebih Baik, minimal kami bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan. Kami Meminta dukungan dari semua pihak semoga Puskesmas jiput bisa lebih baik, menghasilkan kualitas yang baik sehingga masyarakat merasa puas,”katanya.

Di tempat yang sama, salah satu tim dari Kemenkes  bagian komisi akreditasi pasilitas kesehatan menyebut ada tiga komponen yang kami potret dalam rangka akreditasi ini :

1. Administrasi dan manajemen
2. UKM ( Upaya kesehatan masyarakat
3. Upaya kesehatan perorangan .

Akreditasi ini berkelanjutan tiga tahun mendatang akan ada penilaian ulang, apa yang sudah baik pertahankan jika ada yang kurang harus di perbaiki agar sesuai dengan standar , ini yang di namakan perbaikan mutu yang berkelanjutan ( continuous kuality incrutmen ) itu konsep nya tujuanya yaitu keselamatan, kemaslahatan di wilayah kerja puskesmas jiput tidak berarti sudah di akreditasi sekarang bisa santai.(Ade mahroji/APK)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga