oleh

Musim Hujan, Warga Lebak Diimbau Waspadai Banjir

CHANEL BANTEN.com l Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mengimbau masyarakat yang bermukim di Daerah Aliran Sungai (DAS) mewaspadai banjir. Kewaspadaan diperlukan,sehubungan dengan tingginya curah hujan belakangan ini.

“Curah hujan belakangan ini cukup tinggi, dengan intensitas yang berlangsung cukup lama dalam satu hari, hampir satu jam hingga empat jam,” kata Kepala Pelaksana BPBD setempat, Kaprawi, Senin (11/3/2019).

Ia mengatakan, warga yang  tinggal di DAS mencapai ribuan kepala keluarga.Dengan kondisi cuaca seperti ini, pemukiman warga tersebut sangat rawan terjadi banjir, sehingga warga harus waspada.
Apalagi, beberapa wilayah Kabupaten Lebak masuk kategori rawan banjir, karena memiliki 17 sungai besar dan ratusan anak sungai.

“Sunga itu, dintaranya Ciujung, Ciberang, Cisimeut, Cimadur, dan Sungai Cicinta,” katanya.

Terkait hal tersebut, pihaknya sudah menyampaikan peringatan dini bencana banjir kepada camat, desa atau kelurahan serta relawan untuk mengantisipasi bencana itu.

Sejumlah daerah langganan banjir tersebar di Kecamatan Wanasalam, Banjarsari, Rangkasbitung, Warunggunung, Cileles, Cibadak, Leuwidamar, Bayah, Gunung Kencana, Cikulur, Cimarga, Kalanganyar, Sobang, Cibeber, Cilograng, dan Sajira.

“Kami selalu mengingat khusus bagi warga yang tinggal di DAS untuk mengungsi ke tempat yang lebih aman jika terjadi luapan sungai,” katanya. (RED)

Komentar

Berita Lainya