oleh

Naikan Tarif Sepihak, Mobil Bus AKAP di Pandeglang Digiring Ke Pol

CHANELBANTEN.com l Pihak Polres Pandeglang melakukan tindakan tegas terhadap mobil Bus Murni angkutan Lebaran Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) yang menaikan tarif sepihak. Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, mobil tersebut digiring ke kantor Mapolres untuk diamankan.

Kasatlantas Polres Pandeglang, AKP Tesyar Rhofaldi Priyatno mengatakan, Bus AKAP tersebut diamankan karena telah menaikan tarif diluar ketentuan. Hal itu berdasarkan laporan dari penumpang atas ulah oknum kernet Bus yang menaikan tarif sepihak.

“Setelah dapat laporan, Bus itu langsung kami kejar. Setelah tertangkap Bus kami amankan di Polres, sopir dan kernet kami mintai keterangan,” katanya.

Ia menjelaskan, Bus yang diamankan adalah Bus AKAP jurusan Labuan-Kalideres, dengan nama perusahaan PO Murni. Ia menghimbau agar para pengusaha bus tidak melakukan pungutan terhadap para penumpang bus dengan melebihkan tarif secara sepihak.

“Tarif resmi Rp 30 ribu, naik menjadi Rp70 ribu,” katanya.

Untuk diketahui, sesuai Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: 36 Tahun 2016 tentang tarif dasar, tarif batas atas dan bawah angkutan penumpang Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) tarif bus dari Labuan-Kalideres hanya Rp 30 ribu, Pandeglang-Kalideres Rp 25 Ribu dan Serang – Kalideres Rp 20 ribu. (Gus)