oleh

P3A Kahuripan Desa Wanasari Bangun Irigasi

CHANELBANTEN.COM | Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) Cai Kahuripan di Desa Wanasari, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten membangun saluran irigasi.

Proyek ini bersumber dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Dirjen Sumberdaya Air.

Ketua P3A Cai Kahuripan, Aan Taryana mengatakan, bahwa volume pekerjaan saluran irigasi yang dibangun itu mencapai 144 meter kubik, atau panjangnya sekitar 600 meter.

Saluran Irigasi ini akan mampu mengairi persawahan seluas 50 hektare yaitu di blok Cisalada, Curug Bubuay dan Ciburial.

“ Kami dipercaya mengerjakan pembangunan ini bersama masyarakat pemilik sawah. Apalagi ini merupakan program pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian. Tentunya kami sangat apresiasi,” kata Aan dilokasi kegiatan, Minggu (13/10/2019).

Suwatma (58) tahun, seorang tokoh tani mengapresiasi pembangunan saluran irigasi karena bisa membantu pasokan air di musim kemarau.

Bila kebutuhan air terpenuhi, maka tanaman padi pun akan tumbuh baik.

“ Kalau airnya banyak tanaman padi tumbuh dengan baik, kalau di musim kemarau seperti saat ini, sulit dan bisa gagal panen karena kekeringan,” tuturnya. 

Sementara, Kepala Desa Wanasari, Herman berharap P3A dapat melaksanakan pembangunan saluran irigasi ini sesuai dengan desain gambar dan RAB yang telah dibuat. Sehingga lanjut Herman, keberadaan saluran irigasi ini bisa memberikan manfaat dalam jangka panjang.

Menurut Herman, Selain untuk budidaya padi sawah, air dari saluran irigasi ini juga bisa dimanfaatkan untuk usaha budidaya palawija dan bududaya ikan mas, karena menurut herman usaha ini meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani.

“Kami mengucapkan terimakasi kepada Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian sebagai kepanjang tanganan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah membantu para petani di Desa Wanasari. (Din)

Berita Lainya