oleh

Pasar Cipanas Berstandar Nasional, Pengelola Bakal Diberikan Pendidikan Managerial

CHANELBANTEN.com – Terkait pasar tradisional berstandar nasional yang ada di Desa Haur Gajrug, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Lebak, pemerintah setempat akan memberikan pembekalan terhadap pengelola atau kepala pasar dengan diberikan pendidikan managerial pengelolaan pasar sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP).

Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya mengatakan, sesuai dengan arahan yang diberikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) bahwa akan dibuat standarisasi managerial pengelolaan pasar.

“Nanti akan dibuat SOP, jadi akan ada standarisasi bukan hanya pasar cipanas saja. Akan tetapi, seluruh pasar yang ada di Kabupaten Lebak polanya sama,” kata Iti di Rangkasbitung, beberapa waktu lalu.

Menurut Iti, untuk pasar tradisional cipanas akan dibuat sistem managerial tersendiri karena harus Standar Nasional Indonesia (SNI).

“Fasilitas yang ada di pasar cipanas sendiri telah mengacu kepada SNI, yang didalamnya telah disediakan fasilitas untuk perlindungan konsumen. Seperti ruang laktasi, ruang timbangan ulang dan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), salah satunya seperti itu,” ungkapnya.

Sementara Kepala Bidang Pasar Disperindag lebak, Dedi Rahmat mengatakan, untuk memberikan pelatihan dan pendidikan managerial pasar pihaknya telah mengajukan anggaran untuk tahun 2017.

“Anggarannya sudah kita ajukan, tinggal menunggu keputusannya saja. Karena, ketika pembangunan pasar tradisional berstandar nasional yang ada di Kecamatan Cipanas telah selesai. Kita akan berikan pembekalan managemen kepada kepala pasar, untuk mengelola managemen pasar tersebut,” ujar Dedi. (esa/almalik)

Berita Lainya