oleh

Pemkab Lebak Perketat Izin Apotik, Bupati : Apotik Jangan Jual Obat Asal Laku

CHANELBANTEN.com – Pasca terungkapnya dua gudang di Lebak menjadi tempat pembuatan dan penyimpanan obat terlarang jenis zenith carnophen oleh Mabes Polri dan Polres Lebak. Oleh Karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak akan memperketat perizinan usaha  apotik dan pergudangan.

Hal demikian dikatakan Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya ditemui wartawan usai mengikuti Rapat Paripurna di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat, Jumat (15/12/2017).

“Diminta kepada apotik untuk tidak menjual atau memberikan obat kepada masyarakat, ketika membeli tanpa resep dokter. Terkadang apotik persepsinya salah yang penting asal laku saja,  padahal itu tidak boleh harus ada resep dokter dan bisa membedakan mana yang dijual bebas dan mana yang tidak,” katanya.

Dengan kejadian ini kedepan pemerintah akan memperketat perijinan dan pengawasan terkait peredaran obat dan ijin apotik apotik di Lebak.

Baca juga : 

“Pihaknya mengharapkan media ikut membantu memsosialisasikan kepada masyarakat terkait ini, karena ini tugas kita bersama dalam pengendalian, mengingat mata dan aparat kami terbatas dan  yang bisa mengawasi ini semua adalah masyarakat sekitar,”ujar Iti.

Iti menambahkan terkait pengawasan gudang-gudang kosong yang dimanfaatkan hingga dijadikan tempat pembuatan dan penyimpanan obat terlarang pengawasnnya akan dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag).

“Nanti Disperindag yang akan melakukannya, karena ketika ada industri pasti ada gudangnya. Pergudangannya nanti akan kita awasi perijinannya, karena sejauh ini hanya yang ada saja dan selebihnya kita tidak tahu apakah masih digunakan atau tidak,” tandasnya.

Sebagai langkah antisipasi Pemkab akan melakukan akan  pendataan ulang dengan mengkroscek gudang – gudang kembali apakah masih digunakan atau tidak.

“Jika memang sudah tidak digunakan harus ada surat pernyataan dari pemiliknya, Itu sebagai bentuk antisipasi kita,” sambung Iti.(Adit)

 
 
 

Berita Lainya