oleh

Pemuda Adalah Simbol Persatuan Rakyat dan Garda Depan Penjaga NKRI

CHANELBANTEN.com – Sumpah pemuda adalah tonggak sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Ikrar sumpah pemuda selalu diucapkan setiap tahunnya setiap tanggal 28 Oktober di seluruh Indonesia. 
 
Perayaan sumpah pemuda sejatinya untuk menjaga nilai-nilai semangat menjaga keutuhan NKRI, sekaligus mencapai cita-cita kemerdekaan rakyat adil makmur sejahtera berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
 
Dari sudut pandang makna anggota DPR-RI dari dapil Banten, Yandri Susanto sumpah pemuda yang di ikrarkan oleh kaum muda dari seluruh Indonesia untuk meraih cita-cita kemerdekaan dalam satu wadah kehidupan berbangsa dan bernegara kesatuan republik Indonesia.
 

“Sumpah pemuda adalah simbol bangsa serta merupakan cikal bakal persatuan rakyat Indonesia dalam menjaga NKRI,” kata Yandri Susanto kepada chanelbanten.com, kemarin.

Baca Juga : Pemuda Al-Khairiyah Bakal Kawal Pengajuan Gelar Pahlawan KH Syam’un Hingga Ke Presiden

Menurut politisi PAN ini, sumpah pemuda tentu masih sangat relevan diterapkan dan terus dijaga keutuhan NKRI. Sumpah pemuda itu memiliki makna pengikat persatuan yang memiliki budaya, adat istiadat yang beragam yang tercermin dalam slogan Bhinneka Tunggal Ika berbeda-beda tetapi tetap satu.

“Disinilah letak relevansi sumpah pemuda untuk menjaga keutuhan NKRI,” ucap Yandri.
 
Yandri menambahkan, untuk kaum muda Indonesia saat ini harus memiliki semangat dan kreativitas yang tinggi, tinggal bagaimana Pemerintah mengarahkan semangat dan kreativitas itu melalui program-program pemberdayaan yang baik dan efektif.
 
“Jadikan peringatan sumpah pemuda sebagai momentum memperkuat nasionalisme untuk menyatukan langkah pembangunan Indonesia dengan memajukan daerah provinsi Banten,” ucapnya. (Herman/Duy)
 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga