oleh

Perluasan Lahan Stasiun Rangkasbitung, PT KAI Robohkan 150 Bangunan Ruko

CHANELBANTEN.com-PT Kereta Api Indonesia (persero) merobohkan 150 bangunan rumah toko (ruko) yang berdiri di depan Stasiun Rangkasbitung seluas 9.449 meter persegi, Kamis (3/8/2017). Eksekusi tersebut dilakukan menyusul perluasan lahan Stasiun KA Rangkasbitung.

Pembongkaran tersebut melibatkan pengawalan 200 personel petugas, baik dari TNI, Polisi dan Satpol PP. Proses eksekusi berjalan lancar karena para pemilik ruko maupun Pedagang Kaki Lima (PKL) yang biasa mangkal di areal tersebut tidak melakukan perlawanan dan sudah mengosongkan areal itu terlebih dahulu.

“Kami bersyukur, proses pembongkaran bangunan berjalan lancar tidak ada Kendal,” kata senior Manager Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Suprapto kepada awak media.

Ia menjelaskan, pembongkaran bangunan yang sebelumnya digunakan untuk ruko tersebut, dilakukan dalam rangka pengembangan atau perluasan lahan Stasiun Rangkasbitung. Ini untuk menunjang kenyamanan para penumpang, paska diterapkannya KRL sampai ke Stasiun Rangkasbitung.

Lahan hasil penertiban akan digunakan untuk pembangunan berbagai fasilitas pelayanan sesuai Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Transportasi Kereta Api sesuai peraturan menteri nomor 48 tahun 2015.

“Adapun fasilitas yang akan dibangun diantaranya penyediaan lahan parkir, perluasan toilet, mushola, ruang ibu menyusui, ruang loket, ruang tunggu penumpang dan lain-lain,” ujarnya. (Abdul Kohar)

Berita Lainya