oleh

Relawan Baju KoKo Adukan Cabup Iti ke Panwaslu Lebak

CHANELBANTEN.com – Relawan Barisan Pejuang Kolom Kosong (Baju KoKo) melaporkan calon bupati (Cabup) Lebak Iti Octavia Jayabaya ke Panwaslu Kabupaten Lebak, Rabu (21/3/2018) sekira pukul 14.15 WIB. 

Iti dilaporkan, karena dituding oleh relawan Baju KoKo diduga telah melanggar Undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. Berita Terkait: Pilkada Lebak Memanas, Iti : Pendukung Kolom Kosong Tidak Boleh Nikmati Program Pemerintah

“Ya, hari ini sekira pukul 14.15 WIB, saya atas nama pererorangan dalam hal ini sebagai Panglima Baju KoKo melaporkan resmi terkait pernyataan Ibu Iti (Cabup) yang diduga telah melanggar undang-undang nomor 10 tahun 2016 tentang Pilkada,” kata Panglima relawan Baju KoKo Akhmad Hakiki Hakim kepada chanelbanten.com, Rabu (21/3/2018).

Dalam laporan itu, lanjut Hakiki, pihaknya membawa sejumlah barang bukti dugaan pelanggaran pada Pilkada Lebak 2018 yakni rekaman pernyataan Iti, kliping berita media online dan dan dua orang saksi.

Hakiki juga menyesalkan pernyataan calon petahan itu (Iti-red) telah mencederai demokrasi. Karena, memilih dan menyosialisasikan kolom kosong sah untuk di pilih atau di coblos dan kolom kosong karena di lindungi undang-undang.

Hakiki menerangkan, dalam undang-undang nomor 10 tahun 2016 pasal 73 ayat (4) point c menyebutkan “Selain Calon atau Pasangan Calon, anggota Partai Politik,  Tim Kampanye, dan Relawan, atau Pihak lain juga dilarang dengan sengaja melakukan perbuatan melawan hukum menjanjikan atau memberikan uang atau materi lainnya sebagai imbalan kepada warga negara Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung untuk :
c.  Mempengaruhi untuk memilih calon tertentu atau tidak memilih calon tertentu.

“Semoga laporan ini ditindaklanjuti oleh Panwaslu Lebak. Terbukti atau tidak ini bagian dari proses pendidikan politik. Dan jika ini diakui salah atau khilaf maka saya minta dikalrifikasi atau permohonan maaf ke publik Lebak,” bebernya. 

Baca Juga :

Sementara, Ketua Panwaslu Lebak Ade Jurkoni membenarkan adanya laporan pengaduan dari relawan Baju KoKo yang melaporkan terkait statmen cabup Iti Octavia Jayabaya. Atas laporan itu, pihaknya akan mengkaji terlebih dahulu apakah pelanggaran pidana atau bukan.

“Karena kita akan meminta beberapa keterangan dari pihak saksi dan lain-lain. Kalau pidana ke Gakumdu, kalau administrasi KPU atau instansi terkait tergantung hasil kajianya,” kata Ade melalui pesan WhatsApp.

Laporan Baju KoKo
Laporan Baju KoKo

Sayangnya, saat dihubungi melalui telepon selulernya Ketua Tim Sukses Pasangan Calon (Paslon) Bupati Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi tidak merespon. (Aji/Duy)

 

 

Komentar

Berita Lainya