oleh

Semangat Pemuda Perlu Sentuhan Political Will Para Desicion Maker

CHANELBANTEN.com – Jiwa muda sejatinya sudah memiliki potensi semangat yang tinggi. Namun semangat tersebut perlu diberikan sentuhan political will para desicion maker agar dapat melahirkan kreatifitas-kreatifitas positive.

Demikian diungkapkan Hida Nur Hidayat Ketua PK KNPI Malingping saat memberikan sambutan dalam acara Seminar Kepemudaan yang digelar di Aula Villa Bagedur, Desa Sukamanah, Kecamatan Malingping, Minggu (20/8/2017).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Lebak Uus, Kepala Dinas Pariwisata Lebak Hayat Saida, Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lebak, tokoh aktivis pemuda dan sejumlah perwakilan OKP.

Menurut Hida, seminar dengan ‘Tema Eksistensi Dan Peran Pemuda Dalam Mengawal Pembangunan Di Era Otonomi Daerah’ ini, tujuannya yaitu untuk menghantarkan paket pengetahuan dan wawasan kepemudaan melalui para narasumber dari berbagai kalangan.

“Ya, walaupun temanya rada-rada jadul, karena sistem otda itu sudah berjalan 17 tahun, tapi paling tidak kita menginstal kembali aplikasi peran kita sebagai pemuda, takut-takut sudah kena virus ortodoxi atau virus lainnya,” kata Hida.

Relevansi dengan konsep tersebut, lanjut Hida, diperlukan kepastian gerakan atau action para pemuda. Siapa pemasti masa depan pemuda dalam konteks pembangunan negara tercinta ini. Apakah pemerintah, pemuda itu sendiri secara individu atau kumpulan pemudan yang tergabung dalam non governance organitation.

“Tentu kreatifitas pemuda bisa terbangun atau termotivasi bukan hanya sebatas dengan energi semangat, karena energi semangat tidak bersifat permanen, tetapi perlu juga ada sentuhan political will para decision maker.”

Kata Hida, kreatifitas bergerak, berpikir dan berkarya bisa berdealektika pada kompetisi kreatifitas-kreatifitas lainnya, atau menjadi sintesa dari kompilasi ragam kreatifitas yang mampu memproduksi kreatifitas-kreatifitas terbaru.

“Maka dari seminar ini diharapkan ada berbagai pengetahuan ter-update yang bisa didesiminasikan sebagai bentuk pencerahan yang bermanfaat,” katanya.

Sementara itu Ketua Pelaksana Diyan Supriyatna mengatakan, kegiatan ini sebenarnya untuk ikut serta memeriahkan HUT ke 72 RI, dan bagaimana mengemas memeriahkan HUT RI ini dengan acara yang berbeda dan bisa lebih bermakna.

“Sehingga kami mengagas kegiatan seminar pemuda. Sekaligus sudah seperti biasanya di menjelang musyawarah kecamatan pergantian periodisasi kepengurusan PK KNPI, sebelumnya diselenggarakan seminar kepemudaan,” katanya. (Almalik)

Berita Lainya