oleh

Ini Dia Nama-nama Sembilan Anggota BPSK Lebak Yang Baru Dilantik

CHANELBANTEN.com – Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya telah resmi melantik sembilan anggota Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) periode 2016 – 2021. Pelantikan lembaga perlindungan konsumen tersebut dilaksanakan di aula pendopo Pemkab Lebak, Senin (1/8/2016) yang dihadiri Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan anggota DPRD Lebak.

Sembilan anggota BPSK yang dilantik tersebut yakni Saepudin, Deden Hendrawan dan Rina Widiastuti mewakili unsur pemerintah. HM. Atmakentjana, Ahmad Janzany dan Ubaedilah mewakili unsur konsumen. Sedangkan dari unsur pelaku usaha yakni Tb. Munawar Aziz, Nasa Nur Firdosy dan Jimi Siregar.

“Dengan adanya badan ini diharapkan kedepan nanti masyarakat Kabupaten Lebak dapat menyelesaikan permasalahan yang dialaminya melalui lembaga ini, sehingga hak-haknya sembagai konsumen dapat terpenuhi dan terlindungi” kata Iti saat pelantikan.

Menurut putri Ketua Kadin Banten Mulyadi Jayabaya ini, bangsa ini semakin dihadapkan pada suatu kondisi yang suka atau tidak suka harus siap menghadapi situasi dan kondisi perubahan. Caranya dengan menyiapkan berbagai regulasi dan lembaga untuk melindungi masyarakat atau konsumen dari kemungkinan adanya dampak negatif yang mungkin dapat terjadi pada situasi perdagangan bebas.

“Saat ini, kita sudah memasuki era diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), dimana arus perdagangan barang dan jasa serta pasar tenaga kerja professional semakin terbuka. Terbentuknya BPSK ini adalah satu upaya yang dilakukan guna melindungi konsumen dengan meningkatkan harkat dan martabat konsumen melalui peningkatan kesadaran, pengetahuan, kepedulian serta kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi dirinya serta menumbuhkembangkan sikap dan perilaku usaha yang bertanggungjawab,” papar Iti.

Sementara, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdaganan (Disperindag) Lebak, Virgojanti mengatakan, bahwa kehadiran lembaga ini sangat penting dimana dalam pelaksanaannya, pengaduan sengketa konsumen tidak saja datang dari masyarakat Lebak semata tetapi menurutnya bisa saja datang dari luar Lebak.

“Tidak menutup kemungkinan warga asing yang ada diwilayah kita akan mengadukan sengketa konsumen ke BPSK Lebak” ujar Virgo seraya berharap agar dalam operasionalnya kedepan BPSK Lebak bisa lebih proaktif dalam penyelesaian sengketa konsumen. (dhe)

Berita Lainya