oleh

Seperti Ini Penampakan Situ Palayangan Sekarang

CHANEL BANTEN.com l Bendungan atau Situ Palayangan yang terletak di Kampung Palayangan, Desa Margajaya, Kecamatan Cimarga bisa dibilang merupakan salah satu aset irigasi perairan yang memiliki kapasitas daya tampung air cukup besar di Lebak.

Fungsi bendungan yang konon sudah ada sejak puluhan tahun silam itu, tak lain untuk mengairi saluran irigasi pertanian di wilayah setempat. Namun, miris saat ini kondisinya cukup memperihatinkan.

Kondisi waduk penampung air, sudah dangkal. Yang terlihat saat ini hanya rumput dan ilalang. Bahkan, jika di lihat sepintas situ sudah seperti hutan.

“Kondisinya sudah tidak terawat,
permukaan air bendungan surut sudah tidak ada airnya. Bahkan, saat ini sudah dipenuhi ilalang atau rumput,” kata salah seorang warga setempat, Her, Senin (25/3/2019).

Menurutnya, fungsi bendungan Palayangan kini tak jelas dan tidak bermanfaat. Bendungan ini seharusnya, selain untuk memenuhi kebutuhan pengairan pertanian, bisa dimanfaatkan untuk pariwisata. Tetapi sayangnya, kondisi bendungan diterbengkalailan begitu saja oleh pemerintah.

“Kalau dikelola dengan baik, bendungan ini kan bisa dimanfaatkan sebagai objek wisata,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Lebak,  Dade Yan Apriyadi mengakui kondisi bendungan Palayangan saat ini cukup memprihatinkan. Bahkan, bukan hanya bendungan Pelayangan, sejumlah bendungan yang lain di Lebak juga dalam kondisi yang sama.

“Bendungan Cijoro juga sama kering, karena mengalami pendangkalan. Kita sudah usulkan kepada pihak Balai Besar untuk melakukan normalisai,” katanya.

Kewenangan Balai Besar
Menurutnya, pelaksanaan normalisasi menjadi kewenangan pihak Balai Besar. Sehingga, pihaknya tidak bisa berbuat banyak dalam penanganan bendungan tersebut.

“Kita sudah mengusulkannya dari semenjak tahun 2017 lalu. Tahun 2018 kembali kita usulkan. Katanya sih tahun 2019 ini mau dilaksanakan normalisasi, tapi sementara ini kita belum dapat kabarnya lagi,” ujarnya.
(RED)

Berita Lainya