oleh

SMPN 1 Cimarga Raih Penghargaan Adiwiyata Mandiri

CHANELBANTEN.com – SMPN 1 Cimarga, Kabupaten Lebak meraih penghargaan Nasional sebagai sekolah Adiwiyata Mandiri tahun 2017. Penghargaan tersebut diterima di Gedung  Manggala Wana Bakti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, di Jakarta Desember 2017 lalu.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar kepada Kepala Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Cimarga, Kabupaten Lebak, Rosman Farisi.

Kepala  SMPN 1 Cimarga Rosman Farisi mengatakan penghargaan di bidang Lingkungan Hidup ini juga disebut sebagai penghargaan bagi satuan pendidikan yang memiliki perhatian dan kepedulian terhadap kelestarian lingkungan hidup.

Dalam penerapannya bertujuan untuk mewujudkan warga sekolah yang bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup melalui tata sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan.

” Penghargaan Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah yang mampu mempertahankan program lingkungan hidup di sekolah yang bersangkutan nantinya akan menjadi salah datu faktor untuk mendapat Adipura.” kata Rosman kepada chanelbanten.com, di sekolahnya, Sabtu (3/2/2108).

Sebelumnya SMPN 1 Cimarga berhasil menerapkan program sekolah berwawasan lingkungan pada seluruh siswa sekolahnya. Tidak hanya melakukan penataan terhadap lingkungannya dengan pola hidup bersih dan sehat, tetapi juga merubah kebiasaan warga sekolahnya untuk selalu menjaga kebersihan dan keasrian lingkungannya.

” Sebagai sekolah yang mampu mendapat predikat sebagai sekolah Adiwiyata, maka SMPN 1 Cimarga dinilai berhak mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri “, sambung Rohman.  

Ia mengaku,  SMP Negeri 1 Cimarga dinilai telah berhasil menerapkan sekolah yang berbasis lingkungan hidup. Lantaran penghargaan Adiwiyata Mandiri ini diberikan kepada sekolah yang mampu menerapkan empat indikator yakni kebijakan sekolah berbasis lingkungan, kurikulum berbasis lingkungan, partisipatif berbasis lingkungan dan sarana prasarana berbasis lingkungan.

 “ Selain itu, penghargaan Adiwiyata ini juga bukan hanya sekadar diberikan kepada sekolah terbersih, indah, nyaman dan aman saja. Namun yang terpenting, pihak sekolah sebagai pengambil kebijakan harus mampu membudayakan hidup bersih di lingkungan sekolah “, ungkapnya.

Baca juga:

Rosman sangat bersyukur atas penghargaan yang diraihnya ini. Pihaknya akan terus berupaya memepertahankan budaya peduli lingkungan kepada seluruh warga sekolah.

“ Tentunya kami termotivasi dan bangga. Sekarang tugas beratnya adalah mempertahankan apa yang sudah membudaya terkait kepedulian lingkungan. Sekolah yang bersih, hijau dan nyaman serta kegiatan partisipatif, terus akan kami upayakan untuk menjaga ekosistem satuan pendidikan sehingga tetap terpelihara secara baik “, tutupnya. (Indra)

 

Editor : Ade PK

 

Berita Lainya