oleh

Tak Ada Air, Siswa SDN 1 Cijoro Lebak Bingung Saat Hendak Buang ‘Hajat’

CHANNELBANTEN.com | Pihak Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Cijoro Lebak meminta agar pemerintah menyediakan sanitasi air bersih di sekolahnya. Sebab, selama ini sekolah tersebut minim sarana air bersih, sehingga menyulitkan siswa dan guru ketika membutuhkan air untuk cuci kakus.

Kepala sekolah setempat, Yeni Sumiani menuturkan, sanitasi air bersih di sekolahnya sudah lama tak berfungsi. Sehingga, siswa maupun guru kesulitan ketika membutuhkan air untuk cuci kakus. Terlebih, di musim kemarau seperti sekarang ini.

“Bayangkan, untuk cuci dan kakus aja susah. Karena, nggak ada airnya, apalagi sekarang musim kemarau,” ujar Yani Sumiani, Selasa (8/10/2019).

Selain itu, kata dia, di musim kemarau ini halaman sekolah yang hanya berupa tanah. Hal itu tentu akan menimbulkan debu yang dampak negatifnya akan menganggu penapasan siswa. Untuk melakukan penyiraman sangat sulit, karena tidak ada sanitasi air.

“Jangankan untuk menyiram halaman yang berdebu. Untuk cuci kakus aja siswa sulit,” katanya.

Pihaknya berharap, pemerintah melalui pihak berkompeten bisa memberikan bantuan sanitasi air bagi sekolah. Sebab, keberasaan sanitasi air bersih sangat penting bagi siswa dan guru.

“Kami juga harap lingkungan sekolah bisa dibangun Paving Blok, agar saat kemarau tidak berdebu. Siswa di sekolahnya berjumlah 400 orang. Sedangkan fasiltas kamar mandi berjumlah lima ruangan,” katanya.

Hampir senada dikatakan salah seorang wali murid, Imam Afriyana. Ia berharap, pemerintah bisa segera membangun fasilitas sanitasi air bersih di sekolah. Karena, sarana itu sangat dibutuhkan di sekolah.

“Bayangkan sulitnya ketika siswa dan guru mau buang ‘hajat’, repotnya minta ampun,” ujarnya. (Fan)

Komentar

Berita Lainya