oleh

Timbulkan Polusi, Warga Jalupang Keluhkan Tambang Galian Tanah

CHANELBANTEN.com-Warga Kampung Jalupang, Desa Padasuka, Kecamatan Warungungung, mengeluhkan aktivitas tambang galian tanah merah diwilayahnya. Sebab, keberadaan pertambangan tersebut, selain menimbulkan polusi udara juga mengakibatkan rusaknya kondisi infrastruktur jalan di wilayah tersebut.

“Sejak ada aktivitas pertambangan, jalan jadi rusak dan berdebu. Jika dibiarkan, kami khawatir kondisi ini akan berdampak buruk bagi kesehatan warga, karena kegiatan pertambangan kerap menimbulkan polusi udara,” kata salah seorang warga sekitar, Mamud, Senin (12/6/2017).

Selain menimbulkan polusi udara, keberadaan truk pengangkut pasir yang setiap hari lalu-lalang juga berdampak pada rusaknya kondisi infrastruktur jalan. “Jalan jadi rusak, belum lagi tanah yang berceceran ke jalan pada saat hujan membuat jalanan jadi becek dan licin dan itu bisa menyebabkan kecelakaan,” katannya.

Pihaknya berharap, pemerintah harus segera turun tangan terkait persoalan ini. Sebab, akibat aktivitas galian tersebut warga lah yang dirugikan. Apalagi, aktivitas galian yang sudah beroperasi selama satu bulan ini diduga tidak mengantongi izin.

“Dinas terkait harus turun kelapangan, melihat kondisi dilapangan seperti apa,” ujarnya. (jie)

Berita Lainya