oleh

Warga “Dihadiahi” Debu, Kian Santang Protes Pembangunan Tol Serpan

CHANELBANTEN.com l Sejumlah warga dan tokoh agama Kampung Tegal Rama, Desa Panancangan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak memprotes aktivitas truk tanah di areal proyek Tol Serang-Panimbang (Serpan), Kamis (8/8/2019). Aksi protes yang dikomandoi pimpinan Ponpes Athoriqotuthaubah, Ustad Rian atau Kian Santang itu, labtaran kesal dengan polusi udara yang akibat aktivitas pembangunan Tol.

Pimpinan Ponpes Athoriqotuthaubah, Ustad Rian atau yang lebih dikenal dengan sebutan Kyai Kian Santang dalam orasinya mengaku sudah menempuh jalur sesuai dengan prosedur menyampaikan keluhannya, baik melalui pihak RT, RW, Desa bahkan pihak Kepolisian. Namun, keluhan itu tidak mendapatkan respon.

“Sengaja kami melakukan protes dengan maksud agar pihak PT Wika tahu bahwa kami jadi korban pencemaran polusi dampak dari pembangunan jalan Tol ini,” katanya.

Sejak dimulainya pengerjaan jalan Tol, masyarakat disini sangat merasakan dampak polusi yang diakibatkan dari aktifitas mobilitas pengangkutan tanah merah. Bukannya warga tidak mendukung dengan adanya pembangunan jalan Tol ini, akan tetapi warga meminta kepada pihak terkait agar melakukan penyiraman jalan minimal satu haru tiga kali.

“Apalagi, jarak pesantren kami dengan jalan Tol hanya sekitar 10 meter. Tiap hari kami dihadiahi debu,” katanya.

Sementara Humas PT Wika, Ade mengatakan pihaknya selaku pengembang sudah melakukan penyiraman empat kali setiap harinya. Namun, karena musim kemarau, pihaknya kesulitan untuk mencari sumber air. Bahkan, untuk mengambil air pun sampai ke bendungan Pamarayan.

Ditempat terpisa, Kepala desa (Kades) Panancangan sekaligus pengusaha urugan tanah merah, Subadri saat di konfirmasi wartawan, mengaku sudah melakukan Brifing kepada para sopir pengangkut tanah merah. Dimana, saat melintas di sekitar padat penduduk agar mengurangi kecepatannya sehinga tidak menimbulkan polusi debu yang terlalu tebal,sehingga masyarakat tidak merasa terganggu dengan aktifitas. (Fan)

Berita Lainya