oleh

Warga Salahaur Sambut Program Kotaku

CHANELBANTEN.COM | PROGRAM Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) di Kelurahan Cijoro Lebak,  Kecamatan Rangkasbitung mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Sebab, pemukiman padat yang sebelumnya kumuh tersebut, kini sudah tertata dengan baik. 
 
Tak hanya itu, program tersebut mampu meningkatkan sikap gotong royong melalui serangkaian pemberdayaan yang dilakukan. Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Restu Warga,  Kelurahan setempat, Roji Santani mengaku bersyukur pelaksanaan program Kotaku diwilayahnya berjalan cukup baik. Saat ini, dari enam kegiatan yang dilaksanakan, baik fisik mapun non fisik sudah menunjukan progres yang diharapkan. 
 
“Keseluruhan ada enam kegiatan, drainase U20, Yudit (saluran), gerobak sampah dan hidran umum,” kata Roji Santani yang mantan anggota DPRD Lebak tersebut, Kamis (13/9/2018).
 
 
Menurutnya, program Kotaku merupakan satu dari sejumlah upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia, yang salah satunya dilaksanakan di Kabupaten Lebak. Arah kebijakannya, membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas).
 
“Pada prinsipnya memang lebih menumbuhkan semangat agar masyarakat terlibat dalam pengembangan wilayah pemukiman.  Sehingga, dalam pelaksanaan program ini kita lebih kepada pemberdayaan,” katanya. 
 
Ia menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Kotaku, baik fsik mapun non fisik melibatkan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Untuk pembangunan drainase sekitar 1.016 meter terdapat di tersebar di tiga Kampung, yaitu Salahaur, Lebak Sambel dan Lebak Picung. “Kita bersyukur sejauh ini pelaksanaannya tidak ada kendala,” katanya.
 
Sementara, salah satu warga Kampung Salahaur,  Abdul Kohar menyambut baik adanya program Kotaku diwilayah setempat.  Program tersebut tak hanya mampu membenahi pemukiman yang awalnya kumuh kini menjadi tertata. 
 
“Selain itu, warga juga tergerak karena dalam program ini masyarakat ikut diberdayakan,” ucapnya.(APK)
 
pilihan REDAKSI

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Juga